Cara Hemat Listrik =Hemat Uang Anda

Dalam kondisi harga minyak, listrik dan kebutuhan hidup yang terus-menerus meningkat, cara menghemat sumber daya energi sudah menjadi permasalahan utama masyarakat.

Para ahli menyatakan, mulailah dari bagian kecil dalam kehidupan, pupuklah kebiasaan-kebiasaan baik agar benar-benar bisa mencapai tujuan jangka panjang penghematan sumber daya energi.

Meskipun banyak orang meneriakkan peng-hematan sumber daya energi, namun masih banyak sumber daya energi yang tanpa disengaja terhamburkan.

Menurut data yang diumumkan Departemen Enersi Amerika: sebuah keluarga Amerika umumnya membelanjakan lebih dari 1.600 US dollar per tahun untuk air dan listrik.

Sayangnya, sebagian besar sumber daya energi tersebut tanpa disengaja telah diboroskan. Sebab itu asalkan dilakukan sedikit perubahan dalam keseharian, akan dapat menghemat lebih lanjut sekitar 25% sumber daya.

Perbaikan efisiensi pemanfaatan sumber daya energi bukan saja membuat keluarga Anda lebih nyaman, bahkan dapat memperoleh imbalan ekonomi jangka panjang. Melaksanakan metode terpadu ini adalah memandang rumah sebagai sistem sumber daya energi yang saling bergantung.

Apabila hanya memperhatikan sebuah cara penghematan listrik, namun belum melakukan penghematan pada peralatan listrik lain, maka total manfaat penghematan listrik jadi sangat berkurang.
Tips penghematan sumber daya energi

Di bawah ini adalah cara-cara sederhana yang efektif untuk menghemat enersi, asalkan benar-benar dilaksanakan akan dapat mengurangi lebih lanjut pengeluaran biaya air, listrik dan kendaraan.

1. Ketika TV, DVD dan perangkat komunikasi lain tidak digunakan hendaknya sumber daya listrik dimatikan (TV dan DVD pada posisi STAND BY masih mengonsumsi beberapa watt daya listrik)

2. Pada saat tidak dipergunakan, matikan komputer dan monitornya. Banyak yang beranggapan bahwa save mode dari monitor adalah untuk menghemat listrik, sebenarnya merupakan rancangan untuk mengurangi keausan monitor. Yang benar-benar dapat mengurangi pemakaian daya listrik adalah hibernate mode. Pada saat komputer berada dalam hibernate mode pemakaian daya listrik akan berkurang sampai dengan 80%.

3. Pergunakan angin alami untuk mengeringkan piring ataupun pakaian, jangan dikeringkan dengan mesin pencuci piring.

4. Bila hendak memakai mesin cuci pakaian ataupun mesin cuci piring, tunggulah sampai jumlah piring dan pakaian yang mau dicuci sudah cukup banyak. Selain itu usahakanlah untuk mengoperasikan mesin-mesin itu di luar jam-jam saat beban listrik pada puncaknya.

5. Gantikan mandi berendam dengan mandi di siram.

6. Turunkan suhu pemanas air (water heater) sampai 120 oF (sekitar 48 oC)

7. Pilihlah bola lampu hemat listrik (compact fluorescent bulbs). Bola lampu berkualitas cukup tinggi yang dijual di pasar, bukan saja lebih terang, lebih hemat listrik, umur penggunaannya pun juga lebih panjang dapat mencapai 5 sampai 8 tahun.

8. Hendaknya bersikap bijaksana dalam mengemudi. Cara mengemudi yang agresif seperti: ngebut, menginjak pedal gas ataupun menginjak rem secara mendadak semuanya sangat memboroskan bahan bakar.

9. Pakailah peralatan listrik berlabel Energy Starr atau Energy Saving yang hemat listrik. Label-label ini menunjukkan bahwa produk telah melalui pengujian yang ketat dari Lembaga Perlindungan Lingkungan Amerika dan juga telah memenuhi Standar Hemat Listrik Amerika.

10. Sebisanya kurangi frekuensi membuka dan menutup lemari pendingin.

11. Pasanglah gorden atau pelindung terik matahari untuk mengurangi suhu ruangan. Di samping itu, menanam berbagai tanaman bukan saja dapat memberikan rasa segar bahkan juga berfungsi menghijaukan lingkungan.

12. Pemanfaatan AC: setting temperatur sangatlah penting, suhu 26 ~28 oC paling hemat listrik. Di samping itu, penyaring udara AC juga perlu dicuci setiap 2 – 3 minggu agar dapat mempertahankan fungsi menurunkan suhu ruangan dan mempercepat sirkulasi udara.

Mesin AC juga hendaknya tidak diletakkan di tempat yang langsung disorot matahari, juga perlu dipasang pelindung untuk menghindari terik matahari dan guyuran air hujan, hal ini juga akan memperpanjang usia mesin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: